Hybrid OS ver 8.0 for Blackberry 8900

Akhirnya gw memutuskan untuk upgrade ke hybrid, dengan tuntunan tutorial kaskus ini. Sebelumnya gw udah pernah upgrade 3 javelin (punya gw, dan 2 temen) dari OS 4.6 ke 5.0.0.681 official-nya Indosat. Berbekal rasa penasaran dan lagi pengen punya gadget baru biar bisa diulik (tapi sayangnya gak punya), jadilah si cecep korban tak bersalah . Gapapa sih cep, siapa tau kamu lebih hemat batere setelah ini…

Sebetulnya gw gak begitu peduli dan ngerti sama OS hybrid, yang pada akhirnya gw simpulkan sebagai

OS yang sudah dicustomized sedemikian rupa oleh para ahli Blackberry, dengan menggabungkan fitur-fitur terbaik dari OS-OS yang ada untuk menghasilkan performansi OS yang lebih baik

Dulu awal-awal gw punya BB seorang teman kantor lama pernah promosi tentang asiknya pake hybrid, tapi gw cuekin . Sampai akhirnya kemaren penasaran, apa jave bakal bisa pake OS 6.0 official atau engga. Akhirnya ngobrol-ngobrol sama made, dan disaranin buat nyoba hybrid (eh disaranin gak ya? gak sih…tapi gw percaya sama langkah yang diambil bos made ini untuk gadget-gadgetnya, makanya gw ikutin aja)

Yuk mari eike cerita step-stepnya (dapet dari kaskus tadi dengan modifikasi, disesuaikan dengan kebutuhan):

  1. Download OS hybrid yang diinginkan. Gw milih hybrid versi terbaru, 8.0 punyanya willyboy yang katanya pake app modules 5.0.0.977 & app versionnya 6.0.0.31 —> setelah dicek sih betul begitu
  2. Backup dulu data-data si BB di desktop manager, kalo males nunggu lama mending leave grup BBM dulu. Bikin lambat banget restore-nya juga.
  3. Syaratnya untuk jave: minimal official OSnya Leaked 5.0.0.822. Artinya, gw yang masih pake .681 harus upgrade ke versi ini dulu. Jadi step kedua adalah download official OS-nya. Gw download di sini. Kalo official OS yang dipake udah .822 ke atas, abaikan step 3-6 loncat ke 7.
  4. Uninstall official OS yang sebelumnya sudah ada di PC, langsung di add/remove program aja
  5. Install OS versi .822 di PC
  6. Direkomendasikan untuk wipe BB sebelum upgrade ke versi manapun. Dari upgrade-upgrade sebelumnya gw percayakan pake BBSAK (Blackberry Swiss Army Knife) karena gampang makenya.
  7. Upgrade BB ke versi .822, jangan lupa delete file vendor.xml dulu sebelum launch application loadernya
  8. Setelah diupgrade, wipe sekali lagi biar yakin  Parno amat gw kayak kalo mau copy paste tapi biar yakin CTRL+C berkali-kali
  9. Install file OS hybrid yang sudah di-download ke official OS folder
  10. Selesai install akan muncul hybrid tool, pilih OS folder “current OS folder”, dan device 8900 (curve)
  11. Check application yang tidak diinginkan. Kalau biasanya check itu untuk memilih yang diinginkan, ini sebaliknya. Gw ngga install language dan games apa-apa untuk instalasi ini.
  12. Klik shrink My OS untuk meng-compress OS yang akan diinstall. Kalau sudah berhasil akan ada 2 kali pop-up window yang menunjukkan size before & after. Di pojok kanan bawah juga size ini akan ditampilkan.
  13. Launch loader, jalankan seperti upgrade OS biasa. Selesai!
  14. Restore data dari desktop manager kembali

Performance-nya katanya baru bisa dirasakan setelah beberapa kali hard-restart…yah percaya gak percaya…lumayan buat sugesti, kayaknya sih lebih cepet 

Advertisements

3 thoughts on “Hybrid OS ver 8.0 for Blackberry 8900

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s