Sugaring Wax

Produktif menulis! Mumpung lagi libur 😉 Ahay…enaknya ngambil cuti Senin kejepit kemarin, nikmat dah. Eniwei baswei, berkaitan dengan libur hari ini juga gw mau ngucapin:

Selamat Tahun Baru Islam I Muharram 1432 H
Semoga kita semua dapat menjadi umat-Nya yang lebih baik, amin Ya Rabb…

Nah, salah satu yang bakal gw bahas ini juga InsyaAllah merupakan salah satu jalan menjadi umat-Nya yang lebih baik nih, jangan dipikir gelinya, pikirin manfaatnya aja ya 🙂 Menjaga fitrah adalah hal yang diperhatikan dalam Islam, Rasulullah sendiri menyampaikannya pada hadist riwayat Abu Hurairah berikut:

Perkara fithrah itu ada lima –atau lima hal berikut ini termasuk dari perkara fithrah yaitu khitan, istihdad, mencabut bulu ketiak, menggunting kuku, dan memotong kumis.

Nah, yang akan gw ceritain ini adalah perkara ketiga yaitu mencabut bulu ketiak :p

Sudah pernah dengar tentang sugaring wax? Mungkin ini belum umum, gw juga baru-baru ini aja taunya kok. Sugaring wax adalah metode pencabutan rambut halus dari tubuh manusia dengan menggunakan gula yang dikentalkan (karamel), atau madu. Prinsipnya sama dengan waxing pada umumnya, tapi kalo biasanya pake lilin panas (seram kalipun) sebagai perekat sebelum dicabut dengan kain/kertas, sugaring ini pake gula/madu. Jadi tentunya, katanya, dan logikanya sih lebih aman untuk tubuh kita karena menggunakan bahan alami 😉

Awalnya gw coba sugaring wax itu karena gw penasaran sama keti para artis yang putih mulus, kok bisa yah? Isenglah gw mencari cara selain pencukuran dengan pisau cukur biasa, soalnya kalo pake pisau cukur kan yang ada malah waktu tumbuh rambutnya jadi tebel dan tajem-tajem (eaaa). Akhirnya gw menemukan product bodyshop yang namanya The Body Shop Roll On Hair Removal

courtesy: The Body Shop USA

Cara pakainya gampang, botolnya tinggal dipanaskan dalam microwave atau direndam dalam air panas agar gulanya mengental lalu diaplikasikan pada wilayah yang akan disasar. Dasar gw masih dodol aja, pertama kali gw coba gagal karena gak punya kain pencabutnya (malah pake handuk, ya mana bisa :p). Gw simpenlah dulu si roll on ini…dan…barang ini (secara isinya dari gula) akhirnya malah dikerubutin semut -_-

Gw sama sekali gak browsing tentang cara pakai sugaring ini, dan sama sekali gak tau kalo sebetulnya metode sugaring ini sudah cukup populer. Karena akhirnya jengkel si roll on disemutin, penasaran lah gw cari tau tempat penyedia jasa waxing yang aman (pengen belajar gitu sebelum waxing sendiri). Dari hasil browsing gw jadi tau kalo metode sugaring itu saat ini lagi happening. Dan dari penelusuran selanjutnya, sampailah gw ke Poetre Wax and Spa di Jl. Reog, milik artis Wulan Guritno. Poetre ini ternyata banyak cabangnya di Jakarta, luckily di Bandung ada dan gw bisa coba hari ini juga pas kebetulan libur 😉

Sampe di Poetre, standarlah disuruh ganti baju trus disuguhin teh jahe (enah loh). Trus baringan, dan mulailah proses waxing berjalan. Mbaknya ngoles-ngolek karamel panas di keti, trus diteken-teken pake kain tipis dan BRET! dicabut. Sakit sih, dikit. Berdarah juga di beberapa pori-pori yang (mungkin) kaget. Kata mbaknya berdarah ini hanya terjadi di waxing pertama aja. Mantep loh, sekali BRET rambut-rambut tercabut sampe ke akar (dasar newbie jadi bawaannya dikit-dikit terkesima). Untuk rambut-rambut nakal yang panjangnya baru 0.2 cm-an, terpaksa harus dicabuti manual pake pinset sama mbaknya. 

Overall, gw sangat puas dengan hasilnya (thumbs up). Bersih dan mantap jeg, daripada ngerjain sendiri sih rempong juga. Harganya juga cukup terjangkau, Rp35ribu dan bisa bertahan untuk tumbuh lagi sampai 3 minggu-1 bulan (tergantung hormon). Nah…dari pengalaman ini kan gw jadi bisa coba-coba sendiri di rumah kalo lagi bokek, trus kalo karamelnya habis juga tinggal bikin sendiri di dapur :p

Next trial (tapi masih jauuuuh banget kali yaaa, sebelum nikah aja :P) gw mau coba sugaring lagi untuk perkara sunnah kedua di hadist di atas (ehm). Haha, takut tapi…hahay, beauty is real pain.

Leave a Reply

