Lifetime Lecture

Beberapa hari terakhir ini sahabat-sahabat gw lagi pada labil…Agak bingung gw juga, cowo-cowo ini kenapa jadi lebih labil daripada gw. Ada yang sampe bilang “Malu gw cerita kelebayan gw ini sama orang paling labil kayak lo” *hayaaaah….

Tapi tiba-tiba kemarin malam salah satu dari mereka ngomong gini waktu gw nebeng pulang:

Jodoh itu di tangan Tuhan, jadi kalo gak diambil bakal terus di tangan Tuhan terus*

Artinya manusia harus berusaha mengejar jodoh (in general, rejeki)-nya kan 🙂 (point #1)

Lalu pagi ini sahabat gw yang satunya kirim bbm (ujug-ujug gitu, dapet pencerahan kali malemnya)

Jodoh itu di tangan Tuhan, jadi buat ngambil itu kita harus deket dulu sama Tuhan

Artinya manusia juga harus berdoa dan beribadah supaya dikasih jodoh (in general, rejeki) sama Tuhannya (point #2)

Dan sesorean gw ngetweet poin 2 lah ya…dan gilirannya ngetweet jodoh banyak aja yang mention koman komen…dan datanglah sebuah bbm…from one of my best college-gf…

Kami pun membahas… apakah artinya orang yang rejekinya kurang, atau gak ketemu-ketemu sama jodohnya itu ibadahnya kurang banget?

Jawabnya: Ya nggak lah…Kalo memang ibadahnya pun sudah baik, artinya dia sedang diuji…jadi harus lebih bersabar dan semakin menggiatkan ibadahnya…
Dan untuk poin ini bisa ditambahkan, kadang ada dosa yang gak disadari (atau sadar tapi pura-pura anggap itu gak dosa, atau sadar tapi ber-excuse “come on, sekali doang kok…”), bahkan oleh orang yang overall baik sekalipun…dan itu yang jadi penghalang rejeki — wow menampar diri sendiri *pipi ke kanan pipi ke kiri T.T

Selanjutnya…kenapa orang yang “gak beres” kok malah banyak yang dikasih rejeki berlimpah, jodohnya mudah, etc? Apa itu lantas jadi gak bertolak belakang sama quote point #2?

Jawabnya: Segala bentuk berkah dan rejeki juga cobaan, apa kita bakal jadi makin lupa diri ataukah malah sadar itu karunia-Nya, dan pada akhirnya mendekatkan diri pada-Nya juga.

We both agree with the answers…hal sederhana yang sangat sering kita lupakan, dan sebetulnya masih bertalian dengan 2 quote dari sahabat-sahabat gw sebelumnya.

 ——-

Fyuhhh….padahal hidup itu cuma 4 dong yah…2 dalam bentuk kegiatan (usaha dan ibadah), 2 yang ditanamkan di hati (sabar dan syukur).

Sungguh kalo 4 hal tersebut dijadiin major dalam perkuliahan, akan jadi a lifetime lecture schedule 🙂

Leave a Reply

