Fusilli Carbonara a la Onyong

Mencoba membuat tema baru di tumblr ini: a la Onyong, di mana Onyong adalah salah satu nick gw yang menurut gw paling cocok buat jadi nama tukang masak dibandingin nick lainnya :))


Fusilli Carbonara a la Onyong, harusnya diaduk biar ca’em ya? -_-

Dari semua jenis saus pasta, menurut gw Carbonara adalah saus pasta paling gampang dibuat. Kenapa? Karena gak ada trik mejik dan bahannya mudah dicari. Secara sepintas Aglio Olio pasti akan dianggap paling mudah, padahal sekali blunder maka pasta akan gagal dan kering atau eneg karena terlalu oily (not to mention ga boleh pake keju cheddar! Minimal keju parmesan, tapi yg paling bagus sih Parmigiano yang entah nyari di mano hahahaha) 
Kenapa bukan Bolognese? Karena bahannya juga agak lebih susah dicari, tomat di saosnya itu adalah pasta tomat (biasanya ada di supermarket impor ye?), bukan saos tomat botolan. Ya terserah sih kalo mau pake saos tomat botolan juga, tapi IMO beda rasanya dan mudah jadi kering. Atau mau pake saos bolognese instan? Itu sih jadi berasa masak mi instan 😦

Bahan (untuk 2 porsi)

  • 200 gr Pasta, di sini gw pakai fusilli
  • Daging asap (di sini gw pakai 2 lembar daging asap Farmhouse, kalau dapet yang lebar mungkin cukup 1 lembar aja ya), potong kotak/memanjang
  • 200ml susu cair low fat
  • 8 butir jamur kancing kalengan, potong dadu
  • 1 siung bawang bombay kecil/ setengah siung bawang bombay besar, cincang halus
  • Margarin untuk menumis
  • 1 sendok makan tepung terigu
  • Rempah: lada, pala bubuk, garam secukupnya

Cara membuat:

  • Rebus pasta dengan air mendidih+margarin+garam sampai al dente/tender crisp lalu tiriskan.
  • Untuk sausnya, tumis bawang bombay dengan margarin sampai harum, lalu masukkan tepung terigu, aduk rata.
  • Tuang susu cair sedikit demi sedikit, aduk rata kembali sambil masukkan jamur dan daging asap
  • Tambahkan lada dan pala bubuk secukupnya, di sini gw tambah oregano juga soalnya sayang juga kalo gak abis2 :))
  • Jika terasa hambar, boleh ditambah sedikit garam. Kalo buat gw, margarin & daging asapnya sudah memberikan rasa asin jadi ga gw tambah garam.
  • Setelah saus matang, tuangkan di atas pasta, dan sajikan.
Leave a Reply

