Jumbo Bread Urban Risol ala Onyong

Urban risol alias risol kota (risol yang isinya bukan sayur ala risol jadul) adalah camilan favorit gw dewasa ini (tsahhh). Pokoknya kalo ada meeting yang snack boxnya ini gw bisa minta punya orang, dan kalo disajiin bebas ambil gw bisa ambil 4 sekali meeting (malu-maluin). Pokoknya o-buddies udah tau lah ini kryptonite gw, jadi kalo ada kelebihan urban risol biasanya gw suka ketiban rejeki. Komo malah pernah ngasi gw separo (literally separo) urban risol yang udah dia gigit karena gw ngiler abis. 

Nah, asik juga kali ya bikin makanan paporit sendiri? Begitulah dasar pemikiran gw awalnya, tapi… kata Neng Iceu ini bikin kulitnya rempongwati sendiri (harus dimasak kayak crepes satu demi satu T.T). Sempat goyahlah niat gw sampe Ixan ngasih tips bikin kulit risol dari roti yang digiling sampe tipis (huwow!). Kebetulan semua bahan lainnya sudah ada di rumah (yang sisa bikin spaghetti lah, yang emang wajib ada di rumah lah) jadilah kemaren gw bereksperimen di dapur. Terciptalah: Jumbo Bread Urban Risol ala Onyong. Risolnya gendut gara-gara kulitnya roti, jadi makan dua aja kite kenyang lah ya :))

Bahan (cuma bikin 6 bijik karena tujuannya coba-coba):

  • Roti tawar kupas 6 lembar
  • 2 butir telur (1 untuk direbus, 1 putih telurnya untuk perekat)
  • Daging asap
  • Keju cheddar
  • Tepung roti (kalo mau yang lebih renyah, pakai yang lebih kasar)
  • Mayonaise
  • Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

  • Giling roti tawar sampai tipis (gambar sebelah kanan)
  • Rebus telur untuk isian, kemudian “cacah” sesuai selera
  • Potong daging asap dan keju untuk masing-masing risol dengan ukuran yang disesuaikan
  • Taruh potongan daging asap, keju, dan telur di atas kulit roti, lalu tambahkan mayonaisse sesuai selera
  • Lipat kulit dengan arah membungkus isian ke tengah, rekatkan dengan putih telur
  • Celupkan risol di putih telur, lalu gulingkan di tepung roti sampai rata — lakukan terus untuk semua risol (bagusnya sih disimpan di kulkas dulu biar betul-betul menempel, ya sakarepmu we lah :))) 
  • Goreng risol sampai berwarna keemasan… jadi deh! :9

Advertisements

One thought on “Jumbo Bread Urban Risol ala Onyong

  1. Pingback: pas magnifique

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s