Glazzy Terasi Chicken Wing ala Onyong

Alih-alih lanjutin postingan How’s Life (padahal udah ada lanjutannya di draft tapi malay nerusin), hyuk kita kembali ke Dapur Onyong :))

Dan resep kali ini adalah Glazzy Terasi Chicken Wing ala Onyong. Inspirasi awalnya dari chicken wing terasi di Mie Factory, satu restoran di gedung kantor. Rasanya? Endessss, terasinya terasa! Yang gak kalah bikin tergoda tentu saja “aroma” terasinya yang membuat gw bertanya-tanya apa rahasianya bisa sebauwangi itu. Perbedaan mendasarnya dengan masakan gw kemaren adalah… kalo di MieFak (thas’s how we call it) chicken wing terasi ini berbalut tepung sementara masakan gw kemaren adalah chicken wing original pada umunya – nah, semoga ini cukup menjawab pertanyaan kenapa gw bawa kata-kata “glazzy” untuk judulnya :))

Bahan-bahannya adalah: (adaptasi dari sini)

500gr sayap ayam, potong menjadi 2 (drum stick & wing bone, untuk wingbone buang ujung lipatan sayapnya)
1/2 jeruk lemon

4 siung bawang putih, parut
2 cm jahe, parut
1 sdm minyak wijen
4 sdm kecap asin
2 sdm kecap manis
4 sdm saus tiram
4 sm madu
6 sdm saus tomat
1 sdt garam
1/2 sdt merica
3 potong terasi kemasan kecil

PS: Untuk bahan selain terasi gw plek-plekan ambil takaran dari si resep awal yang gw sesuaikan (x2) dengan jumlah ayam gw. Sebetulnya yang penting perbandingan antar bahan-bahannya sih, pas masak ini gw merasa bumbu marinasi-nya kebanyakan ;)) tapi yang penting takarannya dan perbandingannya tepat kan 🙂 Oh ya… speaking about takaran yang sesuai, ini juga bisa relatif, lebih suka asin, atau manis? 😉
Cara membuat:
  • Cuci ayam & beri perasan jeruk lemon, kemudian bilas lagi.
  • Marinasi sayap ayam dengan bumbu-bumbu di atas, diamkan sejam di kulkas lalu goreng hingga kecoklatan… Jadi dehhh! Resep ini bisa dipakai tanpa terasinya, jadi chicken wing gurih biasa  🙂
Another PS: Kalo memang niat bikin pake terasi, marinasinya pake sarung tangan aja karena bau terasi lebih nempel di tangan daripada di ayam :))

*sok iyey membuat icon buat blog ini ;))

Leave a Reply

