Umrah 2012 Part III: The Tips

Part 3 ini akan berisi tips & list barang bawaan untuk berangkat Umroh. Penting amat gw tulis ya Ceu? Soalnya tadinya gw mau mejeng foto TO doang tapi asa garing, lagian kalo gak salah pernah ada seorang temen yang rikues jadi sekalian aja dikufas ye. Yang sudah berkali-kali berangkat pasti jauh lebih berpengalaman, tapi ini itung-itung sekalian buat checklist perlengkapan umroh gw sendiri kalo (mudah-mudahaaaaan… Amin Ya Allah) ada rejeki ke sana lagi.

Kita mulai dari… list pakaian/baju untuk pergi Umroh (asumsi waktu Umroh standar 8 hari tanpa pelesir ke UAE, Jerussalem, apalagi ke Eropa):

  • 1 batik dari travel group, hampir pasti dikasih untuk dipakai di hari keberangkatan. Saran gw: jadiin rompi panjang berkancing (nyontek ide keluarga sebelah :P) buat jaga-jaga kali ada the ibuks yang “usul” pake lagi di hari berikutnya supaya “gampang dicari di tengah keramaian”. Nah kalo jadi rompi kan gak sempet kena basket (harusnya). Sayangnya keluarga gw kemarin jadiin pakaian biasa aja karena kirain gakan diminta pake lagi… Alhasil Nyokap paling sering make karena “gak enak” sama the ibuks, sementara bokap ama gw cuek-cuek aja pake baju bebas 😛
  • 1 pakaian khusus buat Umroh. Kalo laki-laki kan pakai ihrom, sebetulnya wanita cukup pakai pakaian yang menutup aurat biasa, mau bermotif ya mangga… tapi mostly di sana pakai putih/hitam. Jadi menurut gw buat hari Umroh-nya mending sediakan 1 pakaian khusus…
  • Manset tangan (wanita) untuk dipakai saat Umroh (esp. thawaf), jadi kalau lengan baju lo turun saat isyarat mengangkat tangan ke Hajar Aswad , lengan tetap tertutup oleh manset.
  • 6 baju atasan & 3 bawahan longgar (kalo pengen ganti baju tiap hari, bisa disesuaikan) atau atasan & bawahan dapat diganti gamis 1 piece.
  • Jilbab & inner yang disesuaikan dengan warna pakaian. Mau pake bergo biar praktis mangga… tapi kalo gw gak suka pake bergo jadi gw bawa large cotton shawl + inner ninja @3pcs (untuk ganti 2 hari sekali… jangan lupa di”angin2” dan digantung di lemari :P). Mau pake kerudung paris juga mangga, tapi IMO agak sulit dibuat ‘menutupi dada’ dengan layer yang “pas tebalnya”.
  • Pakaian dalam sejumlah hari + panty liners (atau 2x hari tanpa panty liners)
  • 4 kaos kaki (untuk ganti 2 hari sekali, insyaAllah gak bau karena panasnya kering)
  • 2 atasan mukena, kalo gw sih ke masjid (apalagi kalo masih dini hari belom mandi) “praktisnya” langsung pakai atasan mukena as very long bergo… hadem 😀
  • 1 jaket kalo lo udik dingin macam gw buat night flight… rasanya selimut aja gak cukup :))
  • Kalo one day pergi lagi berdua suami gw mau bawa syal kembaran biar saling gampang mencari, bukan cuma pake syal dari travel *yang ini #abaikan
  • Hampir kelupaan, baju tidur! Daster udah paling ciamik kayaknya disesuaikan dengan cuaca gurun 😛

Accessories

  • Sunglasses…ini serius… jangan kacamata cengdem ya, bawa yang bagus beneran ada UV protection…
  • Walkable shoes (meminjam istilahnya Rockport) sebangsa Crocs atau Scholl, atau boljug sandal gunung semacam bangsanya Camel Active buat cowok… Brand2 ini cuma contoh yang gw tau nyaman aja sik, tapi kan beda-beda juga ya standarnya. Gw sih Alhamdulillah cukup 1 sepatu gak pake sandal jepit cadangan tapi gak perna sampe ngerasa “kaki gerah”.
  • Tote bag “Doraemon”… preferably yang bahannya nylon atau canvas. Biasanya sih dikasih juga tas dari travel + tempat sepatu untuk di masjid… Tapi barangkali mau bawa tas sendiri kalo cewek mending bawa tote bag gede aja…
  • Travel bag yang bisa dilipat dan dimasukkan ke dalam koper utama untuk oleh-oleh :))
  • Jam tangan

Berikut beberapa contoh TO-an gw di sana *teuteup numpang eksis :P*

L-R: 1Moroccan black gamis – 2,3cotton tunic+big pipe pants (I basically don’t like top+skirt)… all with cotton shawl&ninja

Toiletries

  • Tissue basah & tissue kering travel pack… per orang @ 3 pack for “emergency toilet” stuffs (u kno what I mean)
  • Face sunblock (min SPF 30) untuk dipakai berulang 3 jam sekali sampai matahari terbenam hari mulai malam terdengar burung hantu suaranya merdu…
  • Body sunblock lotion
  • Lipbalm
  • Sikat gigi & pasta gigi (hotel yang katanya **** pun gak nyediain -_-)
  • Deodoran
  • Lotion obat gatal semacam Caladine, kadang kulit yang sensitif bisa alergi sampai gatal karena panasnya sengatan matahari.
  • Obat-obatan pribadi

Apalagi ya? Kayaknya insyaAllah segitu cukup akan membantu kemudahan kita selama di Saudi yang cukup berbeza dengan Indonesia Raya 🙂

6 thoughts on “Umrah 2012 Part III: The Tips

Leave a Reply

